Minggu, 27 Maret 2011

Izanagi and Izanami

Dalam mitologi Jepang dua dewa Izanagi (The Male Siapa Invites) dan Izanami (The Female Siapa Invites) adalah pencipta dari Jepang dan dewa-nya. Dalam satu mitos penting, mereka turun ke Yomitsu Kuni, dunia bawah dan tanah kegelapan. Cerita tentang Izanagi dan Izanami diberitahu dalam dua karya dari A. D. 700-an, yang Kojiki (Catatan Hal-hal Kuno) dan Nihongi (Chronicles of Jepang).

Menurut legenda, setelah kelahiran mereka Izanagi dan Izanami berdiri di jembatan terapung dari surga dan mengaduk laut purba dengan tombak permata. Ketika mereka mengangkat tombak, tetesan yang jatuh kembali ke air membentuk tanah padat pertama, sebuah pulau yang disebut Onogoro. Izanagi dan Izanami turun ke pulau itu dan menjadi suami dan istri. Anak pertama mereka cacat, dan para dewa lain mengatakan itu karena Izanami berbicara di hadapan suaminya di upacara pernikahan mereka.

Pasangan lain melakukan upacara pernikahan, kali ini dengan benar. Izanami segera melahirkan delapan anak-anak yang indah, yang menjadi pulau-pulau di Jepang. Izanagi dan Izanami kemudian menciptakan banyak dewa dan dewi untuk mewakili pegunungan, lembah, air terjun, sungai, angin, dan fitur alam lainnya di Jepang. Namun, selama kelahiran Kagutsuchi, dewa api, Izanami parah terbakar. Saat ia terbaring sekarat, ia terus menciptakan dewa dan dewi, dan masih dewa-dewa lain muncul dari air mata dari Izanagi sedih.

Ketika Izanami meninggal, ia pergi ke Kuni Yomi-tsu. Izanagi memutuskan untuk pergi ke sana dan membawa kembali tercinta dari tanah kegelapan dan kematian. Izanami disambut Izanagi dari bayang-bayang ketika ia mendekati pintu masuk ke Yomi. Dia memperingatkan dia untuk tidak melihat dan mengatakan bahwa dia akan mencoba untuk mengatur pembebasannya dari dewa Yomi. Penuh keinginan untuk istrinya, Izanagi menyalakan obor dan melihat ke Yomi. Ngeri melihat bahwa Izanami adalah mayat membusuk, Izanagi melarikan diri.

Marah yang Izanagi tidak dihormati keinginannya, Izanami dikirim roh perempuan mengerikan, delapan dewa guntur, dan sepasukan prajurit sengit mengejarnya. Izanagi berhasil melarikan diri dan memblokir lewat antara Yomi dan tanah hidup dengan batu besar. Izanami bertemu di sana, dan mereka memutuskan pernikahan mereka.

dewa dewa atau dewi

bawah tanah orang mati

purba dari awal kali

Izanagi merasa najis karena kontak dengan orang mati, dan ia mengambil mandi untuk membersihkan diri. Sejumlah dewa dan dewi, yang baik dan yang jahat, muncul dari pakaiannya dibuang sebagai Izanagi mandi. Matahari muncul dewi Amaterasu dari mata kirinya, dewa bulan Tsuki-yomi muncul dari mata kanannya, dan Susano-O berasal dari hidungnya. Bangga dari ketiga anak yang mulia, Izanagi kerajaannya dibagi di antara mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar