Minggu, 27 Maret 2011

Mayor Dewata dan Karakter

Dalam mitologi Jepang, segala sesuatu di alam memiliki Kami-dewa atau roh. Sebagai hasilnya, dewa Jepang sangat besar, dengan beberapa sumber menyatakan bahwa ada jutaan roh yang berbeda dan dewa. Seluruh Jepang, mitos dan legenda setempat menceritakan tentang kamt suatu tempat tertentu, seperti batu, sepasang pohon, atau gunung. Namun, muncul beberapa dewa utama dalam peran yang signifikan dalam beberapa cerita dari berbagai daerah.

Dua dewa pencipta yang paling penting adalah Izanagi dan adiknya Izanami. Menurut mitos, mereka membuat pulau-pulau di Jepang serta banyak para dewa dan dewi. Izanagi dan Izanami juga muncul dalam sebuah cerita tentang keturunan untuk Yomi-tsu Kuni, suatu negeri kegelapan dan kematian yang berhubungan dengan dunia bawah.

Mungkin dewa Jepang yang paling terkenal adalah matahari Amaterasu dewi. Dikatakan sebagai nenek moyang dari keluarga kekaisaran, ia membawa cahaya ke dunia dan bertanggung jawab untuk kesuburan. kuil nya di Ise merupakan kuil yang paling penting di Jepang.

pribumi asli ke suatu tempat tertentu

dewa dewa atau dewi

bawah tanah orang mati

kekaisaran yang berkaitan dengan seorang kaisar atau kekaisaran

catatan silsilah keturunan seseorang

panteon semua dewa dari kebudayaan tertentu

Amaterasu memiliki dua saudara: dewa bulan Tsuki-yomi dan Susano-o, kuat dan kekerasan dewa sering dikaitkan dengan badai. Dari dua, Susano-O memainkan peran yang lebih penting dalam mitologi, muncul dalam sejumlah legenda utama, termasuk beberapa dengan Amaterasu.

Ôkuninushi, seorang keturunan Susano-o (mungkin anaknya), adalah karakter sentral dalam Siklus Izumo, serangkaian mitos yang ditetapkan di wilayah Izumo Jepang barat. Seperti pahlawan dalam legenda budaya lain, Ôkuninushi memiliki banyak petualangan dan mengalami berbagai cobaan.

Salah satu dewa yang paling populer dari mitologi Jepang Hachiman, sebuah pelindung para prajurit. Karakter Hachiman didasarkan pada kaisar Ôjin, yang tinggal di A. D. 300s dan terkenal karena kemampuan militernya. Menurut tradisi, setelah Ôjin meninggal, ia menjadi dewa Hachiman. Dalam thn 700, Hachiman menjadi bagian dari dewa Shinto.

Para dewa Inari muncul dalam beberapa mitos, tetapi ia penting karena hubungannya dengan tumbuhnya padi, tanaman pangan utama di Jepang. Pemikiran untuk membawa kemakmuran, Inari adalah pelindung pedagang dan pembuat pedang.

Di antara banyak roh dan makhluk dalam mitologi Jepang adalah Tengu, dewa kecil yang adalah manusia bagian dan burung bagian. Menurut tradisi, mereka tinggal di pohon-pohon di daerah pegunungan. tengu ini menikmati bermain trik pada manusia tapi benci ditipu sendiri. Mereka lebih nakal daripada jahat.

The Oni, kelompok yang lebih mengancam roh, mungkin berasal dari Cina dan pergi ke Jepang dengan Buddhisme. Ini setan bertanduk, sering ukuran besar, dapat mengambil bentuk manusia atau hewan. Kadang-kadang tidak terlihat, para Oni memiliki kemampuan untuk mencuri jiwa manusia. Mereka bisa menjadi sangat kejam dan berkaitan dengan berbagai kekuatan jahat seperti kelaparan dan penyakit.

mitologi Jepang juga mencakup dewa Buddha lainnya. Selain cerita tentang kehidupan Sang Buddha, banyak kisah keprihatinan Amida, penguasa surga yang disebut Tanah Murni. Kannon, pelindung anak-anak dan ibu yang akan melahirkan, dan Jizo, yang menyelamatkan jiwa-jiwa dari neraka, juga tokoh Buddha penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar